Selasa, 08 September 2015

bahagia



BAHAGIA
Bahagia adalah kata yang simpel, bahkan seseorang adayang menganggap sepele jika dengan uang maka bisa bahagia, itulah salah satu menurut orang yang memikirkan uang, tapi bagi orang yang tidak memiliki harta yang banyak maka bahagia adalah sederhana, karena dengn berkumpul dengan anak dan orang tua,bisa makan maka mereka sudah bahagia, tapi bagi orang yang sulit untuk memiliki, mereka hanya mementingkan karir, tidak peduli dengan sekeliling, bahkan keluarganya sendiri, mereka hanya berkata. Kamu mau bahagia? Dengan mengajukan pertanyaan, kepada orang terdekatnya, kalao kita punya uang banya maka akan bahagia. Mereka bahkan tidak mementingkan orang lain, bahkan orang lain, dirinya aja tidak peduli yang penting bisa bergerak bebas, dan dia juga lupa pada ibadahnya pada tuhan, dia baru akan merasa kesepian saat sudah tua atau lagi sakit dan dibei cobaan pada yang di atas, saat mereka kelak sudah berumah tangga mungkin akan meninggalkan anak dan suaminya untuk bekerja, sampai-sampai ia lalai dengan kewajibannya sebagai seorang istri dan ibu pada rumah tangganya, yang ia fikirkan hanya uang,uang, dan uang. Tidak lain dari itu. Pagi buta ia masih tidur, sedangkan anaknya makan, mandi, dan siap-siap berangkat sekolah dengan asisten rumahtangga, malam anak sudah tidur, setiap hari selalu sama. Kapan waktu buat anak dan keluarga. Membagi waktu saja susah gimana mau menjadikan keluarga yang utuh, dan damai. Itu hanya khayalan semata.
Sebenarnya bahagia itu mudah dan sederhana, yaitu satu:  berkumpul dengan keluarga, kalao setiap hari sulit untuk bertemu maka dengan mudahnya menggunakan elektronik, dengan media sosial, dll. Yang penting ada kabar. kedua: berusaha meluangkan waktu buat keluarga meski hanya beberapa menit. Setiap hari minggu selalu kumpul atau setiap bulan selalu keluar rumah bersama. Tidak menyia-nyiakan kebersamaan, tidak memikirkan pekerjaan saat bersama. Slalu menyapa satu sama lain dan tentunya peduli. Pasti akan membuat anak jadi betah dirumah dan tidak suka kluyuran kesana kemari dengan orang lain, pasti saat bekerja akan merasa tenang,
Tapi bagi seorang remaja bahagia juga bisa datang dari orang lain, selain dari keluarga tak lupa juga dengan pacar, karena mereka menganggap hal inilah yang harus ku nikmati dan takkan mungkin terulang kembali, hal itu yang membuat mereka malas untuk melakukan sesuatu yang positif ,ia hanya memikirkan kesenangannya. Saat pacarnya kenapa-napa mereka takut dan khawatir setangah mati, jika salah satu anggotanya ada yang sakit ia hanya bilang.” Makanya obatnya diminum” seperti mulut yang tak pernah di ajari hal yang baik oleh keluarganya. Cita yang membuat buta mata hatinya, memang masa-masa remajalah saat dimana mulai remaja nemilih tapi tak seharusnya ia melupakan orang didekatnya, saat ia disalahkan pacarnya atau lagi berantem , tiba-tiba marah dengan masalah yang sepele.
Tapi saat-saat itu remaja harus dididik dengan tegas, karena jika dari keluarga didikannya hanya biasa, hanya dengan ucapan yang sepele maka tidak akan pernah terdengan di hatinya, ia akan menganggap biasa, bahkan jika diluar ada godaan yang lebih membuat mereka ter kontaminasi maka akan mudah berlarut untuk mengikuti pada hal itu belum tentu baik baginya. Zaman sekarang cewek dan cowok sama aja tidak ada bedanya yang membedakan hanya kelamin. Anak zaman sekarang pergi malam adalah hal yang wajar baginya.makanya banyak anak cewek yang hamil diluar nikah hanya demi kepuasan, bahkan mereka memutuskan impian dan cita-citanya hanya untuk kesenanggan semata saat masa remaja. Padahal masa depannya masih sangat jauh dan cerah, dan banyak sekarang cewek menganggap cowok itu bukan muhrimnya, ia berpegang tangan, pelukan, ciuman dan lain lagi nantinya bah kan bisa hamil. Apa yang ia lakukan diluar sana?  Padahal mereka belum muhrim dan belum ada ikatan janji atau akhad nikah, tapi apa daya yang mereka lakukan.
Menikmati masa-masa remaja menurut aku sangat mudah untuk menjalaninya, kita lakukan masa remaja dengan enjoi, menikmati banget masa-masanya. Kita slalu dekat pada temen cewek agar tidak bosan dan slalu ceria agar tidak galau. Saat ada waktu atau saat liburan sesekali pergi makan-makan atau belanja dengan teman cewek untuk menjadi hiburan agar tidak tertekan dan tidak  bosan. Slalu berpakaian sopan agar tidak ada cowok yang suka menggoda. Atau belajar bersama teman dirumah. Menuangkan bakat dan habi saat ada waktu luang, menuangkan waktu buat keluarga, slalu berkumpul. Ikut makan bersama, meski orang tuanya sibuk usahakan minta waktunya untuk bersama.
Kalao kita hanya diam memendam amarah, setiap hari slalu marah maka akan menjadi penyakit yang sulit untuk disembuhkan, hanya dari diri sendiri yang bisa menyembuhkan diri dari penyakit tersebut. Bahagia ssebenarnya sederhana jika kita mensyukuri apa yang kita miliki saat ini, kita mampu menerima apa adanya dalam hidup kita,kita slalu mersa cukup dengan apa yang kita punya tampa harus ada iri dengan orang lain yang memiliki banyak kelebihan, dan selalu berjuang untuk hidup slalu menjaga keadaan dalam rumah agar slalu damai tanpa ada perbedaan.
Tetapi dalam hidup dalam keluarga jika tidak ada canda, tidak ada tawa, dan juga tidak ada keindahan yang selalu melangkapi maka terasa makanan tanpa ada ``garam. Tanya terasa hampa saja. Karena tidak ada yang digunakan untuk menjaga kebahagiaan dalam mimpi dikehidupan, jika dalam kehidupan hanya mencari uang untuk kebutuhan ekonomi,hanya ada kesebalan, setres, tidak mempedulikan keluarga satu sama lain maka akn terasa hancur jika kita tidak yang menyatukan kembali semua, akan merasa hancur seakan-akan tiada lagi kesempatan untuk bahagia, tidak ada canda yang indah seperti saat pertama kali membangun bagaikan dunia akan kiamat, dan akan merasa  sedih,terpurung setiap hari seperti orang sakit saja yang hanya kesedihan, semua karena keegoisan satu sama lain tanpa memikirkan kelak kehidupan kedepannya, apakah kalian ingin hidup kalian akan seperti itu terus menerus? Hanya ada tanda tanya besar dalam benahnya, apakan akan selamanya begitu saat kelak anak kalian menikah? Apakan sampai kalian memiliki cucu dan lainnya untuk merasakan semua seperti apa yang pernah kalian alami semasa hidup?
Jika hanya itu yang kalian inginkan tanpa memikirkan apa yang terjadi kelak maka kalian jangan berharap jika suatu saat anak atau cucu kalian pergi menjauh dari kahidupan kalian yang buram karena hanya keegisan kamu, maka jangan salahkan jika mereka akan pergi. jika mereka malah mengikuti dari keluarga suami atau istrinya maka kelak jangan merasa iri untuk  bahagia,    dan kalian tidak diperdulikan oleh mereka semua maka jangan salahkan mereka, karena sejak dalam kehidupannya kalian tidak mengajarkan, dan tidak memberi kebahagiaan padanya, kalian hanya memberi tangisan, kesedihan dalam hidup, sehingga dalam mimpinya rusak karena terganggu olehmu benahmu.  Pasti kalian hanay penyesalan yang ada, hanya tangisan . apakan kalian mau memutar kembali waktu yang sudah pernah terjadi, yang sudah berlalu, waktu ynag kalian lewati begitu saja. Hanya kemustahilan saja yang menghampiri dirimu, maka jika memiliki keluarga jangan manyia-nyiakan. Jangan memberi tangisan karena hanya kebutuhan ekonomi saja, beri sedikit kebahagiaan padanya dan lindungilah mereka, ayomilah mereka dengan pelukan dan kasih sayang pada dirinya dalam menjalani hidupnya, karena waktu tak akan pernah terulang kembali. Jika kalian memberi kebahagiaan padanya maka kelak kalian akan dibalasnya dengan sejuta kebahagiaan, kasih saynag lah yang dibutuhkan keluarga kalian, jaga dan sayangi keluarga , orang tua, dan jangan sesekai sakiti mereka dengan bentuk apapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LILIK